TATATERTIBSMAN1PEKALONGAN




                      secara  umum tata tertib sekolah dapat diartikan sebagai
                       ikatan atau aturan yang harus dipatuhi 
                       setiap warga   sekolah tempat   berlangsungnya proses belajar mengajar 


                    Contoh;Tata tertib yang ada di SMAN 1 Pekalongan

                      
                   1.Pakaian seragam siswa


Seragam sekolah adalah seragam— seperangkat pakaian standar—yang dikenakan di lembaga pendidikan. Seragam sekolah umumnya dikenakan oleh pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah di berbagai negara. Penggunaan seragam sekolah ditetapkan berdasarkan aturan berbusana di sekolah atau negara yang bersangkutan. 
  











      A. Senin dan Selasa 

1) Seragam OSIS lengkap (badge OSIS, tanda lokasi sekolah, badge nama, pin merah putih, bersabuk hitam SMA Negeri 1 Pekalongan, bersepatu hitam, bertali hitam, dan berkaos kaki putih dengan panjang minimal 10 cm di atas mata kaki, berdasi, siswa putri yang berjilbab memakai kerudung putih). 2) Pada waktu upacara dilengkapi dengan topi OSIS SMA Negeri 1 Pekalongan. 3) Baju harus dimasukkan dengan rapi. 


B. Rabu 

1) Seragam identitas sekolah (kotak-kotak) lengkap dengan badge SMA Negeri 1 Pekalongan, badge nama, pin merah putih, bersabuk hitam SMA Negeri 1 Pekalongan, bersepatu hitam, bertali hitam dan berkaos kaki putih serta berdasi kotak (putri)/krem (putra), siswa putri yang berjilbab memakai kerudung warna merah marun). 2) Baju tidak dimasukkan ke dalam celana/rok 

C. Kamis 

1) Seragam atasan batik sekolah dilengkapi dengan badge nama, bawahan celana/rok warna cokelat tua/pramuka. 2) Memakai sabuk hitam, sepatu hitam, dan kaos kaki hitam, siswa putri yang berjilbab memakai kerudung warna cokelat tua/pramuka. 3) Baju harus dimasukkan dengan rapi. 

D. Jumat 

1) Seragam pramuka lengkap (sesuai Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012) 2) Memakai sabuk hitam, sepatu hitam, dan kaos kaki hitam, badge nama, siswa putri yang berjilbab memakai kerudung warna cokelat tua/pramuka. 3) Baju harus dimasukkan dengan rapi (putra)


E. Seragam Olah Raga Sekolah hanya dikenakan pada saat jam KBM mata Pelajaran Olah Raga, tidak pada saat jam KBM mata pelajaran lainnya.

 

2. Perilaku Siswa Yang harus Ditinggalkan

 


Perilaku siswa pada hakikatnya adalah tindakan atau aktifitas siswa itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain lain: berjalan, berbicara, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan lain sebagainnya.

 

1. Makan minum di kelas atau keluar kelas pada saat jam pelajaran tanpa seizin guru pengajar. 

2. Membawa makanan/minuman kemasan yang dapat menimbulkan sampah. 

3. Memesan makanan melalui aplikasi daring/online. 

4. Memesan makanan melaui katering/jasa boga dari luar tanpa seizin pihak sekolah. 

5. Menggunakan gawai/ponsel saat kegiatan belajar mengajar di sekolah tanpa seizin guru pengajar. 

6. Mengganggu dan mengacau di kelas sendiri atau kelas lain. 

7. Tidak memakai kelengkapan upacara serta tidak tertib pada saat mengikuti upacara bendera. 

8. Meninggalkan barang-barang berharga di kelas atau di tempat umum lainnya di lingkungan sekolah atau barang-barang pribadi lainnya (sepatu, kaos, topi, dll.) di laci meja, lemari kelas, atau bagian ruang kelas lainnya. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANCING